Kamis, 31 Januari 2013

Miniatur Kuda Lumping

Anak siapa yang tidak menyukai sebuah tontonan atau keramaian. Pasti jawabannya nggak ada :) sudah pasti banyak anak yang menyukainya entah karena tontonannya atau karena jajannya heee (nunjuk diri sendiri). Waktu masih imut - imut saya sangat suka sekali nonton pertunjukkan kuda lumping, karena atraksinya yang buat melongo saya dan jajajan pastinya :D. Jika sudah lihat pertunjukkan itu saya sampai lupa waktu, biasanya dicari ibu disuruh pulang dulu.  Dan karena itu waktu berkunjung ke Mirota Batik"Yogyakarta" dan melihat ada kuda lumping merengeklah minta dibelikan. Sebenarnya nggak dikasih, masak iya cewek mainannya kuda - kudaan dikasih boneka tetep milih itu, dan akhirnya dibelikanlah si miniatur kuda lumping.  Kerajinan miniatur kuda lumping itu, sudah saya miliki sejak SD kira - kira 15 tahun yang lalu. Miniatur itu sebenarnya ada dua, tapi yang satu diminta kakak. Maklum kami dua bersaudara, jadi apapun yang dibelikan orang tua harus dua. Kata kedua orang tua saya biar nggak berebutan. Seperti pesan dari beliau kalau punya mainan harus dirawat, dan sampai sekarang Miniatur Kuda Lumping ini menjadi pajangan didinding kamar saya.
Dan ternyata bahan bakunya yaitu tenun agel atau serat gebang  itu dibuat didaerah saya. Waktu saya kecil dulu banyak ibu - ibu menenun agel yang ternyata sebagian besar untuk bahan tas,alas dan kerajian lainnya. Tapi semua terbalik dengan yang saya temui sekarang, hanya tinggal beberapa perajin yang setia menggelutinya. Semoga kita bisa meneruskan usaha kerajinan mereka dan semakin inovatif tentunya.

Tulisan ini dikutkan dalam Giveaway 3 Tahun Ladaka Handicraft

0 komentar:

Posting Komentar

Menurut Kamu