Senin, 04 Februari 2013

Waduk Sermo

Wisata alam memang selalu menyenangkan. Kali ini kami akan berkunjung di waduk Sermo, yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Wisata ke waduk sermo ini kami tempuh dengan sepeda motor sambil menikmati pemandangan hutan pinus dikanan kiri jalan yang kami lalui. Kira-kira  satu jam perjalanan kami dari kota wates tibalah di waduk sermo.
Waduk Sermo, berada di ketinggian Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, kurang lebih 5 km di sebelah barat kota Wates. Sejak diresmikan pada tanggal 20 November 1996 oleh Presiden Soeharto, waduk Sermo menjadi penyangga air bagi pertanian di bawahnya sekaligus menjadi obyek wisata yang menarik. Panorama yang disajikan waduk sermo sangat indah diselimuti hawa yang sejuk dan angin yang berhembus segar menambah kenikmatan bersantai di pinggir Waduk Sermo.Wisatawan dapat menikmati panorama waduk dengan berkeliling menggunakan perahu wisata atau melewati jalan lingkar aspal sepanjang 21 km. Selain sebagai obyek wisata yang nyaman, pengunjung bisa memancing di area waduk. Banyak ragam ikan yang ada di Waduk Sermo, tetapi kebanyakan pemancing mendapatkan Ikan Red devil dan Nila. Meski pengunjung bebas memancing di Waduk Sermo ada kawasan-kawasan tertentu yang dilarang karena berbahaya.



Berbagai fasilitas yang ada di area waduk sermo ini adalah tempat penginapan, gedung pertemuan, pos penjagaan, kios dan warung makan. Waduk ini diminati banyak orang untuk berbagai kegiatan antara lain untuk rekreasi, memancing ikan, tracking, bermain sepeda, dan kegiatan outbound berkelompok. Kegiatan Outbound di waduk sermo ini bisa menjadi alternatif kegiatan rekreasi sekaligus edukatif untuk keluarga maupun instansi yang bertempat di area Yogyakarta dan sekitarnya. Dikarena lokasinya yang berada di bukit jalanan menanjak dan berkelok-kelok namun cukup menyenangkan. Rute termudah adalah dari Kota Wates — RSUD Wates ke arah barat selanjutnya ikuti saja papan petunjuk. Bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri ada angkutan Umum yang melayani rute Wates — Kokap (Bus MENOREH, Angkot), akan tetapi angkutan ini tidak masuk sampai Lokasi Waduk Sermo, tetapi harus turun sebelum pintu gerbang Waduk Sermo. Retribusi masuk Waduk Sermo juga cukup murah hanya seribu rupiah per orang dan parkir roda 2 seribu rupiah juga, untuk mobil dua ribu rupiah.

"Selamat Berwisata" :)

0 komentar:

Posting Komentar

Menurut Kamu